Minggu, 02 Oktober 2011

Bahasa Program Java


Bahasa Pemrograman Java

Pertemuan 1

Algoritma yaitu cara dalam menyelesaikan suatu masalah dengan sistematis dan logika.

Metode Algoritma ada 3:
  1. Pseudocode
  2. Flowchart
  3. Deskriptif

Contoh Algoritma dengan menghitung Luas Segitiga
-         Tuliskan nilai tinggi
-         Tuliskan nilai alas
-         Hitung Luas = 0.5*alas*tinggi
-         Tampilkan Hasil Luas Segitiga

Flowchart yaitu menuliskan algoritma dengan simbol
Contoh dengan memakai Flowchart  dengan kasus Hitung Luas segitiga















Jika ke Pascal, maka:

Var
      Alas ,tinggi : integer;
      luas : real;
begin
clrscr;
writeln (‘alas=’);
writeln (‘tinggi=’);
luas:=0.5*alas*tinggi;
writeln (‘luas=’,luas);
readln;
end.


Tipe Data & Variabel

Tipe Data adalah nama yang tersedia pada setiap bahasa pemrograman supaya dapat digunakan
Variabel merupakan tempat penampungan nilai data sementara berupa lambang atau simbol

Contoh dari tipe data:
Char        : menampung satu karakter berupa huruf atau angka, contoh: ‘4’,’x’,’!’,….
Varchar   : menampung lebih dari satu karakter huruf /angka, contoh: “20944”,…
Integer     : merupakan bilangan bulat, contoh: 10,55,68…
String      : memiliki nilai teks/tulisan yang diapit tanda petik, contoh : “java”,…

Java

Langkah- langkah menggunakan Java:
  1. Buka TextPad
  2. Ketikkan kode ;

public class HelloWorld {
            public static void main (String [] args){
            System.out.println ("Hello Java…");
            }
}

  1. Lalu save as dengan nama sesuai yang ada di kode yaitu HelloWorld dengan Type (*.Java).
  2. Dan tekan ctrl+1, bila program berhasil maka akan berkedip dan bila ada perintah maka program masih error.
  3. Kemudian tekan ctrl+2 maka akan keluar outputnya : Hello Java… 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar